KONTRAK PERKULIAHAN

KONTRAK PERKULIAHAN

Nama Mata kuliah               : Manajemen Delivery Method

SKS                                        : 3                    :
Pengajar                                :  Dr. Widyo Nugroho..MM
Semester                               : Awal tahun ajaran 2011/2012
Hari Pertemuan/jam             : Sabtu dan selasa

DISKRIPSI  MATA KULIAH

Paradigma pengajaran yang telah berlangsung sejak lama lebih menitikberatkan peran pendidik dalam mentransfer pengetahuan kepada peserta didik. Paradigma tersebut bergeser pada paradigma pembelajaran yang memberikan peran lebih banyak kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dan kreativitas dirinya dalam rangka membentuk manusia yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, berakhlak mulia, berkepribadian, memiliki kecerdasan, memiliki estetika, sehat jasmani dan rohani, serta keterampilan yang dibutuhkan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Untuk menyelenggarakan proses pendidikan yang didasarkan paradigma baru tersebut, diperlukan acuan dasar bagi setiap satuan pendidikan yang meliputi serangkaian kriteria dan kriteria minimal sebagai pedoman untuk proses pembelajaran yang bersifat demokratis, mendidik, memotivasi, mendorong kreativitas, dan dialogis
            Disisi lain Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran merupakan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Berbagai perangkat computer beserta koneksinya dapat menghantarkan peserta belajar secara cepat dan akurat apabila dimanfaatkan secara benar dan tepat
Mata kuliah ini akan mengembangkan bagaimana supaya proses  pembelajaran dapat diorganisir dengan baik antara lain dengan mempertimbangkan kondisi pembelajaran,. perlakukan pembelajaran tertentu antara lain dengan memperhatikan pengorganisasian bahan ajar, strategi penyampaian dan pengelolaan kegiatan

STANDAR KOMPETENSI
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat :
  1. Menjelaskan manajemen perancangan sistem instruksional
  2. Menjelaskan  konsep prinsip dan prosedur  serta langkah (manajemen) perancangan sistem instruksional


  1. Menerapkan setiap langkah manajemen perancangan sistem instruksional dari mulai melakukan analisis pembelajaran, mengenali tingkah laku dan ciri-ciri peserta didik, merumuskan tujuan performansi, mengembangkan butir-butir tes acuan patokan, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, merancang  melakukan penilaian formatif merevisi pembelajaran melakukan penilaian sumatif, melakukan uji coba perangkat instruksional mode dan menyusun laporan uji coba

KOMPETENSI DASAR
Setelah berakhirnya perkuliahan mahasiswa dapat:
2. Menganalisis berbagai permasalahan instruksional
3. Membandingkan antar model instruksional
4. Mengaplikasikan konsep, prinsip, dan prosedur serta langkah-langkah
perancangan sistem instruksional untuk mengembangkan sistem instruksional
pada matape lajaran/bidang pelatihan tertentu pada PT/ Sekolah, lembaga
tertentu.
5. Melakukan evaluasi formatif/ujicoba terhadap prototype sistem instruksional
yang telah dirancang.

INDIKATOR
Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa dapat:
  1. Menjelaskan konsep, prinsip dan prosedur perancangan sistem instruksional
  2. Menganalisis berbagai permasalahan pembelajaran di tingkat satuan    pendidikan  masing-masing (SD/SMP/dinas).
  3. Membedakan antar model yang digunakan dalam sistem instruksional
  4. Menerapkan Pengembangkan MDM  ( Penerapan sistem instruksional model Tertentu(ASSURE, ADDIE, SMITH & RAGAN) agar hasil pembelajaran menjadi efektif, efisien  dan mempunyai daya tarik).

KEGIATAN PERKULIAHAN
Kegiatan perkuliahan untuk mencapai kompetensi adalah ;
  1. Perkuliahan tatap muka dari dosen
  2. Pemanfaatan situs jejaring sosial untuk berkomunikasi dengan dosen dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
  3. Tugas-tugas kelompok dan individual
  4. Perancangan dan evaluasi program instruksional (aplikasi manajemen delivery method)
  5. Ujian tengah semester
 
TUGAS-TUGAS
Tugas-tugas yang harus dilakukan mahasiswa adalah
1.    Mengkaji dan membahas konsep dan penerapan komponen-komponen system instruksioanl kedalam suatu proses perancangan sistem instruksional
2.    Menganalisis permasalahan pembelajaran berdasarkan pendekatan system
3.    Menyusun suatu pengembangan sistem instruksional untuk tugas akhir    dengan media pendukung dan melakukan uji coba  berdasarkan model pembelajaran tertentu (ASSURE / ADDIE) secara kelompok
4.     Mengikuti ujian akhir semester

PENILAIAN
Nilai akhir mahasiswa ditentukan  oleh dua hal sebagai berikut :
  1. Menulis essay individu tentang hasil analisis setiap komponen perancangan instruksional model ASSURE/ADDIE. Kriteria penilaian individu adalah: 1) Kejelasan uraian konsep, prinsip, atau prosedur yang diuraikan. 2) Kejelasan contoh yang relevan dengan konsep, prinsip atau prosedur yang dikemukakan. 3) Ketajaman analisis dari komponen. 4) teknik penulisan dan kejujuran.
  2. Tugas kelompok pengembangan bahan instruksional berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tempat kerja anda ujicoba dan atau evaluasi bahan, serta laporan hasil evaluasi
  3. Kriteria untuk menilai bahan rancangan instruksional adalah sebagai berikut: 1). Proses mengidentifkasi kebutuhan instruksional. 2) Standar kompetensi dan hasil analisis instruksional. 3) Kompetensi dasar dan indikator. 4) Validasi tes. 5) Ketepatan urutan kegiatan instrukdional. 6) Ketepatan pemilihan metode. 7) Ketepatan penentuan media. 8)  Ketepatan penentuan waktu Kerapian dan susunan isi serta kualitas bahan instruksional
 
KEGIATAN PEMBELAJARAN

pertemuan
kompetensi
pelaksaaan
1
  • Over view perkuliahan
  • Teknologi dan media memudahkan pembelajaran
dosen
2

  • Konsep, prinsip, dan prosedur
  • perancangan instruksional
  • Pendekatan sistem dalam perancangan instruksional
  • Model desain instruksional
  • Taksonomi pembelajaran.
  • Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran/ Standar Kompetensi (SK)
Mahasiswa dan dosen melalui situs jejaring sosial
3
  • Melakukan Analisis Pembelajaran
  • Mengidentifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Siswa
Mahasiswa dan dosen melalui situs jejaring sosial
4
  • Menulis Tujuan Kinerja/Kompetensi Dasar (KD)
  • Mengembangkan Butir Tes Acuan Patokan
Mahasiswa dan dosen melalui situs jejaring sosial
5
  • Mengembangkan Strategi Instruksional/ Pembelajaran
  • Mengembangkan dan Memilih Bahan Instruksional/Pembelajaran
Mahasiswa dan dosen melalui situs jejaring sosial
6
  • Merancang dan melakukan Penilaian Formatif
  • Merevisi Pembelajaran

Mahasiswa dan dosen melalui situs jejaring sosial
7
  • Melakukan Penilaian sumatif
  • Ujicoba Rancangan Sistem Pembelajaran
Mahasiswa dan dosen melalui situs jejaring sosial
8
·         Komputer dan multi media mengakses dunia digital

dosen
9
·         Meningkatkan belajar dengan visual

dosen
10
·         Video : meningkatkan belajar dengan gambar bergerak

dosen
11
·         Perancangan bahan belajar berbasis multi media interaktif
dosen
12
·         preview program
dosen
13
·         Uas



BACAAN :
.
1.    Anderson & David R. Krathwohl. Taxonomy for Learning Teaching and Assessing
2.    Prawiradilaga, Dewi Salma & eveline Siregar  (2004 )  Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta, Prenada Media
3.    Prawiradilaga, Dewi Salma, ( 2007 ) prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana PT Prenada media Group
4.    Miarso, Yusufhaadi Prof.Dr, (2004 ) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta : Prenada media
5.    Walter Dick & Lou Carey. 2005. The Sistematic Design of Instruction. New York: Pearson
6.    M Atwi Suparman. 2005. Desain Instruksional. Jakarta: PUA-PPAI